Wednesday, October 05, 2011

Rejeki ngga bakal kemana kok,,, trust me!


Ini kisah gue tentang ngedapetin perguruan tinggi. Sekarang ini gue udah menjadi seorang mahasiswi di salah satu universitas swasta ternama di daerah Jakarta Barat. Gue bisa kuliah ditempat itu bukan rencana yang memang dirancang atau karena kekayaan bokap gue, tapi karena hasil gue, usaha gue, dan juga memang jalan yang dikasih Allah buat terus mencari ilmu.
Dulu gue bersekolah di SMK Negeri 16 Jakarta, sekolah yang sering banget ikut lomba dan Alhamdulilah jg sering menang. Alhamdulilah lg gue bisa berprestasi dan ikut berbagai perlombaan. Lomba yang paling banget gue ikutin ketika gue awal masuk sekolah adalah Lomba Kompetensi Siswa bidang akuntansi (FYI, gue ini jurusan akuntansi). Lomba ini semacam kaya olimpiade buat anak SMA. Ada berbagai tingkat dalam perlombaan ini : tingkat wilayah. Provinsi dan terakhir Nasional.  Alhamdulilah gue berhasil menang juara 1 ditingkat wilayah Jakarta Pusat, dan gue maju ke tingkat provinsi DKI Jakarta.
Kenapa gue ngincer banget lomba ini? Karena jika gue bisa sampai tingkat Nasional dan masuk 3 besarnya gue bakal dapat beasiswa kuliah di salah satu universitas swasta ternama di Jakarta. Siapa sih yang ga mau beasiswa? Ngga perlu ngerepotin ortu kan? Trus bisa bangga gitu dapet sesuatu karna jerih payah sendiri. Tapi sayangnya, di tingkat provinsi gue Cuma bisa meraih juara 3 dan itu memupuskan harapan gue utuk dapet beasiswa. ~
Akhirnya gue berfikir untuk bisa masuk universitas negri lewat jalur SNMPTN, apa day ague juga ga lolos hahha. Gimana bisa lolos kalo gue harus ngerjain materi pelajaran yang gue sendiri ga pernah belajar hehhe.
Ya sudah lah akhirnya gue memutuskan mendaftar di universitas swasta di daerah Jakarta Pusat (depan RS Cipto, tau ga??? Hehe) gue ambil fakultas ekonomi jurusan Akuntansi.
Setelah gue daftar ga lama kemudian guru gue ngasih tau info kalo ada beasiswa di salah satu sekolah tinggi ekonomi yang cukup ternama juga. Gue piker ga ada salahnya buat coba. Gue kirim semua berkas persyaratan yang diminta dan kalo berkasnya memenuhi syarat gue bakal di panggil buat mengikuti tesnya. And you know?? Gue lolos berkas!! Gue ikuti tes dan ga berapa lama gue dinyatain LOLOS DAPET BEASISWA ITU. Seneng dong? Pasti lah. Udah bangga nih dapet di kampus itu apalagi syarat beasiswanya ipk kita harus diatas 3,25 setiap semester. Ga masalah buat gue, toh kita emang harus dapet nilai bagus kan? Tapiiiiiiiiiii eng ing eng, kampus itu ganti rektor baru dan ngubah persyaratan beasiswanya yang intinya ngeberatin penerima beasiswa. Gue langsung galau antara tetep nerima beasiswa itu atau ngelepasnya. Setelah berunding dengan keluarga, gue memutuskan untuk MELEPAS BEASISWA ITU! IYA MELEPAS!! Saying pasti menurut kalian? Kalo kalian tau apa persyaratannya pasti kalian juga akan melakukan hal yang sama dengan gue.
Disaat seperti ini, -ga jelas ujung2nya mau kuliah dimana karena gue udah mengundurkan diri dari universitas yg depan cipto dan melepas beasiawa yang gue terima- Allah kasih jalan buat gue, gue guru telfon dan bilang kalo gue dapet beasiswa karna masuk 3 besar LKS tingkat DKI. Loh? Loh? Kenapa bisa? Gue juga awalnya bingung, gue kan ga ikut tingkat nasional tapi kenapa bisa dapet? Ternyata lomba tingkat nasional buat tahun ini ga diadain dan beasiswanya diajtuhkan untuk peserta dari dki Jakarta. Huaaaa seneng banget. Padahal gue ga sampe tingkat nasional tp bisa dapet beasiswa. Rejeki gue kan itu namanya? Lihat rejeki ga akan kemana kan? Lo mau berencana kaya apa tapi kalo Allah berkehendak lain kita ga bisa tolak. Inilah jalan yang diberikan Allah buat gue terus belajar.
Keinginan gue sekarang  dan semoga terwujud nanti adalah gue ingin melanjutkan S2 diluar negeri, entah itu inggris, singapur atau ausi dengan beasiswa (lagi). Amin

No comments:

Post a Comment